Tutorial Cybera Cyber Cafe Adminstration

Beberapa waktu lalu ane menawarkan program Cybera Ke relasi ane yang baru buka warnet. Selain Gratis, Cybera juga Open source, jadi bebas mengutak atik coding programnya. Namun ane baru menyadari, ternyata agak susah mensetting Sever maupun Client dari Cybera, emang agak rumit sih. mulai dari instalasi cybera, sampai menjalankan dan mengatur cilentnya. Tapi kalo komputernye stand alone (bukan menggunakan PC Station) pengaturannya agak mudah. jadi posting kali ini hanya ane tujukan untuk warnet yang menggunakan PC station sebagai Clientnya. sebelumnya ane akan mengupas sedikit tentang PC Station. OK?? Kita mulai.

PC Station

PC Station adalah terminal pertama di dunia yang tidak membutuhkan CPU, hard-drive, atau CD-ROM dan dapat dipergunakan sama seperti PC biasa. Dengan OfficeStation exclusive UTMA (Ultra Thin Multi-Access) teknologi, OfficeStation dapat meng-ekspansi PC anda sampai 10 terminal komputer. (sampai 30 dengan Windows Server 2003 atau 2000 Server. Unlimited terminals dengan operating sistem Linux tertentu).

PC Station Hanya perlu 1 CPU sebagai server, dapat mengontrol penuh aplikasi computer,  koneksinya menggunakan LAN, jarak kabel server ke share PC mencapai 100 meter.Semua Komputer Client Dapat Bekerja Layaknya Memiliki CPU Sendiri. resolusi deskop bisa mendukung samapi 1024×768 pixel, namun juga tergantung monitor yang digunakan. PC Station memiliki Port LAN, Keyboard (PS/2), Mouse (PS/2), audio jack dan yang pasti VGA Port. Ada beberapa jenis PC Station, yang punya slot USB, atau memiliki Build in Speaker. untuk settingan Koneksi PC Staion akan saya bahas di Posting yang berbeda.

Cybera Server & Client

Ok, ane akan ngejelasin cara instalasi Cybera sampai dengan setting client step by step (he.. sok sok’an). Tutorial ini bukan berniat untuk bilang ane Expert, ane juga masih pemula, dan tutorial ini hanya ingin membantu temen temen yang niat pake billing gratis buat warnet. Untuk Setup filenya bisa didapat disini.

Instalasi Server

Install Cybera Server dan Cybera Client di komputer server (untuk warnet yang convensional, yang pake stand alone computer, cukup install servernya aja di server komputer, Clientnya di install di masing-masing komputer Client). Selesai nginstall server, jalankan Cybera Server. akan ada Wizzard untuk pertama kalinya.

Klik aja Next, akan tampil jendela berikutnya yang menanyakan jumlah jumlah client yang akan di pakai, cukup masukkan seperlunya, jika anda mempunyai 5 client, cukup masukkan 5. Dibawahnya ada pilihan untuk memodifikasi hak pengguna (User Right) hapus aja tanda centangnya. namun apabila anda menggunakan Windows XP Professional SP2, anda bisa membiarkan tanda centangnya dan menggunakan fitur ini.

Klik Next, akan muncul jendela yang mengatur harga per waktu, isi dengan harga yang anda mau (jangan kemahalan ya bos, ntar warnetnya sepi, he..he..) validitynya dibiarain aja, dan labelnya bisa diisi sesuai keinginan anda.

Klik Next, kembali muncul jendela baru, yang akan meminta penetapan password admin. masukkan password anda, dan klik Next.

muncul lagi satu jendela, kali ini meminta user name. gunanya untuk Operator warnet yang lebih dari 1 orang. Jadi saat pergantian Operator, Usernya juga bisa diganti. hal ini berguna saat merekap pemasukan. jadi bisa diketahui Operator mana yang males (he..he..he..gak kog..) fitur ini bisa mensetting hak-hak yang boleh dilakukan Operator. misalnya membuka pembukuan, menambah Client, hal ini akan di jelaskan di step berikutnya.

Setelah memasukkan User name dan password, klik Next, akan muncul jendela terakhir yang menyatakan Configurasi telah selesai.

Klik Finish, dan Instalasi Cybera Server selesai dilakukan.

Instalasi Client

Selanjutnya adalah instalasi Cybera Client. Tenangkan dulu diri anda, setelah lelah bekerja, perfikir, dan berusaha (Kok??????) Oke, Kita Lanjuuuutttt….

Sekarang kita akan melakukan instalasi Client. Hal yang perlu diingat, apabila anda menggunakan PC Station, selain menginstalasi Cybera Server, anda juga harus Menginstalasi Cybera Client di komputer yang sama. Namun, buat warnet yang menggunakan Stand alone Komputer, anda cukup menginstalasi Cybera Client di Client Komputer. Oke, ini dia tahap tahapnya🙂

Setelah selesai menginstalasi Cyber Client, Jalankan. Namun buat pengguna PC Station, harap di ingat, Jangan menjalankan Cybera Client di Server, Hal ini akan membuat Server anda terkunci. Jalankan Cybera Client dari Station yang aktif. Satu hal lagi, Saat menjalankan Cybera Client, Cybera Server juga harus dijalankan terlebih dahulu. hal ini diperlukan untuk pendeteksian Client. Setelah dijalankan akan muncul jendela berikut..

Klik Next, akan muncul jendela berikutnya (Seperti biasa….)

Pilih saja automatic Connection, agar Cybera Client langsung mendeteksi Server yang aktif, juga biar lebih mudah..

Beri nama Client anda, hal ini memudahkan dalam monitoring Client, misalnya Workstation A, atau User 1, terserah lah… Lanjut dengan mengKlik Next

pada jendela ini, anda bisa memilih start client saat Windows Login, dan start saat aktif. Yang dimaksud start Active yaitu, saat Cybera Client dijalankan, dia akan mendeteksi Server, saat server telah ditemukan dia akan aktif. naaa, kalo anda memilih start aktif, komputer akan langsung menjalankan billingnya. Seperti gambar dibawah..

Jangan terkecoh, tampilan asli Cybera Cerver tidak seperti ini, ScreenShoot ini ane ambil dari warnet ane, hehehe.. step  personalisasi akan menjelaskan bagaimana merubah tampilan menjadi seperti diatas. Lanjut ke Step Berikutnya, setelah klik Next di jendela sebelumnya, akan muncul jendela seperti dibawah ini

Cukup klik Next, dengan mebiarkan Opsi Allow “User right bla bla…” berstatus unchecked / tidak di Check (sebaiknya emang gak usah di Check)

Langkah Akhir, Klik Finish.

Oke, Cukup Segini aja dulu, ntar bagian Personalisasi akan ane bahas setelah pesan pesan berikut ini

Coba Alirkan Sedikit Kreatifitas…

30 Responses to “Tutorial Cybera Cyber Cafe Adminstration”

  1. joenatan Says:

    mana sambungan setting personalisasinya bos..mohon pencerahannya ya..

  2. abaza Says:

    minta dong personalisasinya?
    kalau suka ga konek trafic gitu kenapa ya?
    terus kalu mau rubah tampilan screennya gimana?
    maksih

  3. novalrahma Says:

    Jeng Odie,

    Kalu mau mencerdaskan bangsa ga usah tanggung2..!!!
    jangan hanya copy paste…
    berilah penjelasan yang memang bisa dimengerti anak bangsa.

    http://cybera.sourceforge.net/docs/en/install/co/intro.html

  4. fenty Says:

    Setting printer nya bagaimana boss?

  5. andiaz, jelasin dong yang stand alone itu maksudnya apa, trus yang pakek pc stasion tuh maksudnya apa, maklum rada gaptek nih, tapi bagi2 ilmu kan pahala buat anda, bener gak, beri keterangan yang jelas ya Says:

    andra.dmon.com

  6. putra Says:

    jah… ntu novalrahma emang gak punya basic IT ya? bagi gw ini dah cukup baik. Trus soal copy paste dari mana emang? gak tau berterimakasih.

  7. ari Says:

    bisa tidak billing cybera ini klo pakai deppfreeze

  8. Rahman Says:

    Gimana caranya biar cilen g tarik2kan bandwidth?? harus pake router ato ada programnya? maksih

  9. boyneng Says:

    bagaimana klo dipake pc station yg gak menggunakan ip seperti X300,X350,X550 apa bisa bosssssssssssssss

  10. Hasan Hamid Says:

    Dari perkataan anda.
    Setelah selesai menginstalasi Cyber Client, Jalankan. Namun buat pengguna PC Station, harap di ingat, Jangan menjalankan Cybera Client di Server, Hal ini akan membuat Server anda terkunci. Jalankan Cybera Client dari Station yang aktif. Satu hal lagi, Saat menjalankan Cybera Client, Cybera Server juga harus dijalankan terlebih dahulu. hal ini diperlukan untuk pendeteksian Client. Setelah dijalankan akan muncul jendela berikut..
    ______________________
    dimana lokasinya tuh bang? bisa kasi tau gak? kan pc station cuma satu server dan pc station gak punya hardisk bagaimana bisa kita jalankan disisi client? mohon encerahannya?
    Terima Kasih

  11. flucca Says:

    dimana lokasinya tuh bang? bisa kasi tau gak? kan pc station cuma satu server dan pc station gak punya hardisk bagaimana bisa kita jalankan disisi client? mohon encerahannya?
    Terima Kasih

    —————————————————————————–
    kan d PC station itu cloning’nya server?
    servernya menginstal Cyber Cafe Client d server (tapi jgn d jalankan)
    nah d server buka : Cyber Cafe Server
    d PC station buka : start » all program » (cari Cyber Cafe Client nya)

  12. Yoga Says:

    nice info bro. tp terbntur mslh. jika client lbh dari satu, berarti instlasi clientnya satu2. itu wizard untuk deteksi client baru slalu muncul setiap kita mejanlnkn client2 yg akan diinstal

  13. Odie Says:

    @Yoga
    gak perlu di install satu2 bos,,cukup satu aja, ntar disetting Diskless terminal, bukan stand alone, gitu aja….baru dibuat user di XP, misal ada 5 user, buat user1, user2, dst….baru dimasing2 client dijalanin cybera clientnya…

  14. Yunanda Says:

    Boz, gw da pasang pc station dikantor dgn spek server prssr 2,93GH Ram 3GB, Vga Nvidia 512. masa baru gw pasang 4 Client da g kuat ya Boz..knp ya ampe puyeng nyetingnya.
    dikantor gw pake IP terusan dr speedy nah itu gw pasang baru didivisinya doang blm smua divisi. trm ksh pencerahannya Boz..

  15. agus Says:

    boss apakah admin dari cybera bisa ngintai aktivitas dari semua clientnya? mis. ada anak kecil buka film bokep dan si admin bisa ta lalu u kan bisa negur, itung2 kan kita bisa nyelamatin penerus bangsa ini betulll gak hhehehehe tolong segera info in caranya ya trims

  16. elhadiry Says:

    Info menarik, aku jg pake cybera skrg untuk thinstation warnet ku!

  17. AchmedSA Says:

    Bang kalo aku ngga’ pake PC Station cara setting ada ngga’ bang……. dan bisa ngga’ languge pake indonesia.
    tolong dong bang full pencerahan………nya.

  18. said Says:

    iya nih bang gimana caranya kan pc station itu tidak memiliki harddisk..,
    bagaimana dong caranya mohon bantuannya yah bang..???

  19. mas herman Says:

    Hi semua,

    Kebetulan ane juga pengguna Cybera dan memakai PC Station, cuma mau sharing pengalaman saja bagi yang belum tahu,..
    ane juga gak ahu tadinya eh jalan jalan dapat link ini

    waktu pertama instal memang yang terdeteksi oleh server cuma satu client saja sedangkan yang lain hang……….. walopun ane udah set user satu PcStation satu user yang terdapat di user acount window$ tetap kgak bisa…..

    tetapi ternyata setelah ane set spt ini nih, di setiap seting client..

    Tools > Options

    yang diskless terminal dicentang di setiap client,
    langsung deh ke sepuluh clien ane terdeteksi oleh server/host…

    bahagianya daku… karena ndak keluar dana utk beli billing lagi

    semoga bermanfaat

  20. ludi Says:

    alo semua..
    aq dah coba inttall cybera n’ berhasil cuman..
    klo copy data koq lemot bget yah dari server ke pc-station pake flasdisk..buka halaman internet jg putus2…
    spek server q
    – procesor intel Core I3 520 @2.93 GHz
    – RAM 4Gb
    – VGA 512
    apanya yg krng konfigurasinya…tp aq tes speed bandwith donlod =488Kbs, uplod=75..mohon sharing pengalamanya..

  21. jox Says:

    mas herman.. Tools > Options nya ada dimana ?? soalnya ada Tools > Option punya Windows Explorer, ada juga Tools > Options punya Cyber Server.. kalo mau ngasih info.. yg jelas dong mas..

  22. Odie Says:

    @Jox
    kita kan lagi bahas Cybera Billing, ya pasti udah jelas dong, ngapain mesti maen2 di tools > Options nya Windows… ck..ck..ck…

  23. Nathalie Says:

    Maaf, saya mao tanya…….
    saya pakai cybera server di warnet saya, baru 1 bulanan……..saya mao tanya, bisakah di billing cybera ini, di setting ketika client udah selesai maen dan klik quit, komputernya otomatis restart sendiri??……..karena saya sudah cari2 di option nya, tidak ada pilihan restart after quit billing…….Terima Kasih sebelumnya……..

  24. ghazyfara Says:

    ikut nanya…diskless terminalnya dimana yah???aku cari2 di option>tool ko ga ada?itu tempatnya di client ato diserver*bingung…mohon bantuannya…ty

  25. ghazyfara Says:

    gaannnn..cara buka server yang terkunci gimana caranya???
    helpppp

  26. Odie Says:

    @ghazyfara
    Diskless terminal itu ada di Client setting,,, Insya Allah saya akan buat tutor selanjutnya, mudah-mudahan bisa secepatnya

  27. ghazyfara Says:

    udah disetting semuanya tapi tetep ga bisa yan gan.instal di server,,,ganti diskless terminal juga udah….tapi malah desktopnya keblokir..jadi ga bisa activate…:(..pa harus disetting satu2 ip adressnya client gan??caranya gimana ..?makasih…maap banyak nanya…:)

  28. yayan Says:

    maaf gan,,numpang pasang lapak
    Dijual pc station 10 unit,,,,telp 022-76245945 (Bandung)

  29. HelloVityT+ Says:

    bang mau nanya…
    cara setting memasukan waktu sebelum pc client nyala…
    GIMANA ya bang…? mohon pencerahannya…😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: