IBSN : Milih Kerja atau Milih Gelar (dulu)???

Kerja, atau Gelar??? hayooo…

beberapa kali terbesit diotak ane, setelah nonton iklan rokok di TV yang begitu menyentuh jiwa (heleh…). Sebuah kalimat tanya, yang menyediakan 2 pilihan jawaban. Sebuah pertanyaan simpel, pertanyaan yang mungkin kita juga gak kepikiran untuk bertanya kepada diri sendiri…Suatu pertanyaan yang ringan, yang relalu ringan sampe jarang terpikir diotak (bagi yang mikir pake otak,hehehe). Kalau anda bisa memilih, apa yang anda pilih?? Gelar dulu, atau kerja dulu???

Gelar, sesuatu yang prestisius, bergengsi. Demi Gelar, orang orang rela untuk mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Ya, gelar memang bisa menaikkan derajat anak petani, menaikkan pamor anak tukang becak, yang sebelumnya dianggap remeh. Ane pernah baca di tabloid usang koleksi nyokap ane (ane lupa nama Tabloidnya), klo gak salah terbitan tahun 2000 (tua bangged….) Kisahnya tentang seorang Bapak  di Lombok yang berprofesi sebagai pembuat genteng dari tanah liat, yang berjuang menyekolahkan ke-6 anaknya sampe jadi sarjana. Sungguh perjuangan yang tidak sia sia. Semua anaknya sukses. Yang mengejutkan, anak ke-6 nya memilih jalan berbeda dalam memperoleh gelar. Setelah lulus SMA, dia memilih kabur dari rumah, dan mempertaruhkan nyawanya untuk sekolah sendiri. Bertahun tahun anaknya gak balik balik. semua keluarganya menganggap sang anak sudah tiada. namun, sekitar 7 tahun kemudian, sang anak kembali, dan memohon ampun atas tindakannya itu. Dan sang anak mengajukan permintaan pertama setelah menghilang sekian lama, yaitu meminta orang tuanya menghadiri acara wisuda sang anak. Sungguh kisah yang sangat mengharukan, membanggakan (pengen nangis…) Alasan sang anak memilih kabur dari rumah hanya karena tidak ingin merepotkan orang tuanya. Sungguh sikap anak yang sangat berbakti kepada orang tua.

Kerja, pada dasarnya setiap orang akan bekerja. Setiap orang akan melakukan hal ini untuk melanjutkan hidup. Gak mungkin kan, sampe tua masih aja numpang ama orang tua (malu coooy…) Ane pernah juga baca kisah menarik (lupa nama majalahnya,..) Bos perusahaan kacang kemas yang terkenal di Indonesia, hanya sekolah sampe kelas 2 SD karena tidak ada biaya. Merintis karir sebagai pesuruh pelabuhan, kemudian tukang giling bahan untuk membuat roti, sampe akhirnya bisa menjadi bos perusahaan besar. Semua berkat keuletan, dan pantang menyerah. Juga tidak pernah malu melakukan pekerjaan selama pekerjaan tersebut halal.

Ah, pada akhirnya semua pilihan kembali kepada kita, seriuskah kita menjalaninya? tekun kah kita pada pilihan kita? konsistenkah kita pada sikap yang kita ambil? Semua pertanyaan hanya bisa dijawab oleh kita, dijawab dengan hati, dan dengan perasaan sungguh sungguh (cieee…serius nih yaks???) Bukan pada pilihan Gelar atau Kerja, tapi lebih kepada kesanggupan dan keseriusan menjalani hidup…Ya to?? to yaaaaaaa….

Coba Alirkan Sedikit Kreativitas…

31 Responses to “IBSN : Milih Kerja atau Milih Gelar (dulu)???”

  1. Bunda Says:

    Milih yang mana ya? Yang pasti jaman sekarang lulusan S1 aja mesti bersaing ketat buat dapat kerja, apalagi yang cuma (maaf) yang lulusan SLTA. Kejar aja lah gelar dulu, minimal S1, biar mudah untuk dapat kerja. Jika ada cerita orang-orang sukses tanpa melalui bangku sekolah maka itu pasti orang yang sangat ulet. Jika tidak, lengkapi diri dengan keahlian dan keterampilan, itu akan jadi modal bersaing dengan tenaga kerja yang lain. Walaupun idealnya adalah : gelar dan keterampilan serta keahlian adalah perpaduan yang bagus.

    Bisa juga kalo tamat SLTA ternyata sulit untuk melanjutkan ke jenjang S1 dst…maka bisa aja lanjut ke jenjang yang lain : pernikahan…..hehehe…

    Odie say : yeeee…tapi apa yang bunda katakan emang betol…betoll…betol…

  2. dendy Says:

    Keduaxx…keduaxx…
    Sama bos, iklan ini jg sempat membuat saya bingung.
    Tapi setelah saya pikir2, kayaknya harus gelar dulu deh.

    Soalnya, saya berpikir yang pasti2 aja… Ujung2nya gelar juga digunakan untuk memperoleh pekerjaan.
    Emang seh..gak semua yg bergelar memperoleh pekerjaan. Banyak jg sarjana yg nganggur. Tapi paling tidak persentase suksesnya lebih besar daripada yg tidak bergelar.

    Waduh kyknya om Odie buat vote tandingan neh…
    Tapi gpp, lanjuuut….

    Odie say : kalo yang dimaksud untuk jadi pegawai negeri, memang gelar diutamakan, tapi, gak prihatin ya sama negara yang kurang pemasukan dari pajak pengusaha??seharusnya kita jadi pengusaha, Indonesia bakal kaya lo…😀

  3. Myryani Says:

    kalo pilih kerja sambil dapet gelar gmn??? huehue….
    sip.. sip…..

    Odie say : betol tuh My…sambil nyelam minum aer…😀

  4. Balig Says:

    gimana yang bener sih…?
    pilih kerja sambil dapat gelar ato pilih gelar sambil bekerja..?
    kan mesti ada proritas.

    sekarang tujuan sekolah (menuntut ilmu) udah berubah ya.. dulu orang sekolah tujuannya untuk belajar, menambah pengetahuan. eh… sekarang kebanyakan dipake untuk menaikan jenjang jabatan atau pun hanya sekadar supaya dapat kerja…

    sungguh tragis…..

    Odie say : yupz…bener tuh Bal, tujuan dapet gelar udah disalah gunakan, tragisnya, orang yang punya gelar kadang2 pas masuk ke dunia kerja gak tau apa apa!!! jadi, gelarnya buat apa??cuma mejeng doang??? Huh….

  5. Dalila Sadida Says:

    mm… kerja dulu. ane nganggur nih. akakaka….

    Odie say : wakakakaka….bisa kerja apa nih? mandiin kuda nil mau gak? wakakakak

  6. gbaiquni Says:

    kedua-duanya kalo bisa,
    kalo memang harus salah satu…, sesuaikan dengan kondisi yang ada sambil terus berusaha meraih keduanya…

    dan yang paling penting (saya kutip dari bung Odie):
    “tapi lebih kepada kesanggupan dan keseriusan menjalani hidup…”

    keren!!!😎

    Odie say : betul!!! Kesanggupan dan keseriusan menjalani hidup…Bravo!!!(heleh…)

  7. cahayadihati Says:

    Haduh…Hmmm…
    *mikir*
    hmmm…lha kayaknya sekarang perusahaan tetep mematok gelar dech.
    Tapi banyak juga yang punya gelar masih nganggur. Bener jadi pilihan yang sulit.
    Kalau gitu kita cari celah saja mana dulu yang harus dicapai.

    Odie say : Ya emang gitu faktanya, kadang2 kalo dipikir aneh juga…jadi tindakan terbaik : Berjuang!!!

  8. Panda Says:

    kok pilihannya cm 2 ? ga ada satu lg tuh, ex : nikah😀

    kalo ada Panda milih nikah dulu, baru kerja😀

    lapor, link terpasang dgn nama Kurang Kerjaan

    Odie say : boleh boleh, tak pasang pilihan ketiga buat panda…wakakak
    wogh, laporan diterima, kembali ketempat!!
    Teeet….teteettt….teeetttt….

  9. tejo Says:

    gelar dululah

    hari gini lowongan minimal d3 semua

    Odie say : pilihan tepat bos!!!

  10. bundarie Says:

    bunda milih enggak punya gelar, enggak punya kerjaan..tapi kayaaaa…. harta warisan kaleee ( cumi = cuma mimpi)

    Odie say : ati2 bunda, kebanyakan mimpi ntar jatohnya sakiit…wakakakaka

  11. Rindu Says:

    Pilih saya aja … gimana?

    Odie say : hm…😀 boleh yaks???

  12. Elys Welt Says:

    2 2 nya🙂

    Odie say : sama…harus 2 2nya…wakakak

  13. denokdebloeng Says:

    denok pilih sukses..dunia akhirat..siapa yg mo ikut??amin..

    Odie say : ikut ikut….

  14. INDAH REPHI Says:

    berhubung saya adalah manusia yang serakah dan kemaruk..maka dengan ini, saya yang bernama indahrephicantiksekalidanmenggemaskan menyatakan bahwa saya memilih gelar dan kerjaan ahahaha

    Odie say : kalo urusan ini, gak papa tamak dikit…wakakak

  15. AL Says:

    Maaf bang Odie…
    Hanya sedikit komen nih…🙂

    Menurut saya sebaiknya dari sebelum memilih SLTA atau SMA. Apakah sebaiknya sekolah kejuruan yang setelah tamat(bagi yang lulux sih ssttt..),kita dapat menciptakan sebuah bidang usaha sesuai bidang kejuruan kita diwaktu sekolah, atau SMU yang setelah tamat harus melanjutkan kuliah??? sedangkan orang yang mempunya gelar S1, S2 sampai D3 aja masih banyak yang susah cari kerja…apalgi yang cuma dapat gelar “TAMAT SMU” (Weleh2…)
    Lebih baik kita kerja atau membuka lapangan kerja sendiri sambil kuliah malam..kan ada tuh(sok tau nih🙄 ) Betul gx sih???
    Salah tulis kali ya???🙂

    Odie say : yupz…betul AL, mainkan kreatifitas…itu yang penting…😀

  16. tuyi Says:

    kuliah dulu yang bener Die,…

    Odie say : kalo gak ada duit gimana den tuyi??? wakakakak

  17. Anang Says:

    pilih kuliah dulu…. setelah itu kerja..

    Odie say : kalo gak dapet kerja gimana???

  18. chic Says:

    rasanya gelar dan kerja bisa dicapai berbarengan asal konsisten, karena bagaimana pun gelar itu mendukung sekian persen kerjaan…🙂

    Odie say : betul tuh, yang pasti semuanya kembali kepada diri kita sendiri…keseriusan kita menjalani hidup, kesadaran kita akan pentingnya Ilmu (bukan gelar ya)

  19. bisaku Says:

    Karena gelar calon mertua lebih membuka mata:mrgreen: Jadi gelar dulu aja deh😉 …

    Odie say : oh, kalo gitu artinya ngejar gelar buat deketin caMer yah???wakakakak….

  20. afwan auliyar Says:

    klo sekolah atau kuliah utk cari gelar !?!? itu salah bagi saya ….
    krn dengn kuliah akan banyak hal yg mungkin bisa didapt dr yg tidak kuliah….
    namun ketika kuliah/ sekolah utk mencari gelar…. wah bakalan mentok, krn gelar maksudnya juga utk mencari kerja ….
    bagi saya orang yang berilmu tidak akan kesulitan utk bekerja, klo sarjana itu nganggur ?!!? berarti dia nggak berilmu….

    Odie say : bener mas!!! jadi ilmu tidak bisa dilihat dari Gelarnya, belom tentu SH ngerti banget tentang hukum, belum tentu juga SE jago Ekonomi…dan emang kuliah gak sekedar cuma cari gelar, disana kita juga bisa ketemu sama Relasi baru, temen baru, calon istri (heheheh) dE El El lah…

  21. Prie Says:

    Kalo tau akhirnya kerja itu seperti sekarang yg aku jalani, rasanya ndak perlu juga dulu kuliah susah2, hahaha… Kalo boleh milih, mending kerja dulu, kuliah boleh belakangan ketika sudah punya cukup modal (sendiri) untuk ngambil S1, S2 ato S3 (tapi, nggak tau kalo yang uang di rumahnya tinggal nggunting sendiri aja, hehehe…).

    Odie say : ada benernya mas, tapi yang ditakutkan biasanya setelah sukses lupa sama yang namanya cari gelar, atau juga gak sempet, yah…semua kembali kepada pribadi masih2 sih…

  22. Dalila Sadida Says:

    mannddiinn kuddaa nniill? hehehew…. jahat nian dirimu! hahahak

    Odie say : Wakakakakakakakkaakakakakakakak

  23. Dalila Sadida Says:

    namanya hatrix

    Odie say : Yeeeeee… nanggung ya…

  24. neen4 Says:

    Ya tergantung sikon aja, kalo ada kesempatan buat ngejar gelar (ada duit, otak n minat) ya kejar gelar dulu ampe kelar walo smpe ke negeri china,
    Tapi kalo yg ada cuma kesempatan buat ngejar kerja, ya kejar de tu kerjaan… tapi tetap cari ilmu juga…
    Bos aq jg cuman tamat smp tu, tp bisa jd factory manager skrg..

    Odie say : Yupz..fokus ke 1 tujuan,…

  25. Masenchipz Says:

    secara gitu bro.. gw kenanya dua-duanya… kuliah trus langsung kerja trus kuliah lagi.. he…he..

    ================================================
    btw minta dukungan donk di busby seo test , cukup dengan komentar di postingan gw yang di

    http://masenchipz.com/busby-seo-test

    makasih banyak ya…

  26. redesya Says:

    Sekolah jangan niat buat cari gelar, tapi niatlah cari ilmu…
    itu bisa sangat bermanfaat…

    Odie say : juga bisa cari temen, link, jalur bisnis pada saat kuliah…gak cuma ilmu kog yang didapat…

  27. Icha Says:

    dua-duanya deh, biar seiring ^^

    Odie say : betul, bagi yang mampu dua-duanya…kejar lah…

  28. cantigi™ Says:

    opini yg keren.. ^_^

    Odie say : thanxs om…😀

  29. Dalila Sadida Says:

    disini aja deh.

    wow, odie ultah…. makin tua, makin bijaksana (amin). jangan lupa, besok giliran saya. hhe…😀

    semangat, semangat!

    Odie say : trims dida, besok giliran apanya???wakakakak

  30. denokdebloeng Says:

    die..ultah??knp koment nya ditutup.hayooo takut ketahuan tambah tuir yaaa??wakaka..
    odie met ultah ya.🙂
    smg sll dan sll diberi yg terbaik oleh Nya.Amin..

    Odie say : trims denok….

  31. Galuh Says:

    Kerja!!!! Kerja!!!! Kerja!!!! Kerja!!!!
    Kerja!!!! Kerja!!!! Kerja!!!! Kerja!!!!
    Kerja!!!! Kerja!!!! Kerja!!!! Kerja!!!!

    kalau bisa bikin perusahaan sendiri…
    biar bisa ngasih kerjaan orang lain…
    kalau udah kaya baru kuliah,..
    kuliahnya buat senang- senang aja!!!!!
    hwehehehehe………

    jangan lupa kunjungan baliknya ya!!!

    Odie say : wesss, enterpreneur sejati tuh, bener, bikin perusahaan, biar lapangan kerja terbuka bagi banyak orang😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: